Juknis Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019

Posting Komentar
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Salam semangat buat Guru dan Tenaga Kependidikan KB/TPA/SPS. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat  (Dit. PGTK PAUD dan DIKMAS), serta Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen. GTK), kembali menyelenggarakan pemberian penghargaan atau apresiasi kepada PTK PNF berprestasi tahun 2019. 



Salam semangat buat Guru dan Tenaga Kependidikan KB Juknis Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019


Pada tahun 2007 - 2010, Dit. PTK PNF telah menyelenggarakan kegiatan pemberian penghargaan kepada PTK dan PNF berprestasi dalam bentuk kegiatan "Jambore 1000 PTK PNF". Seiring dengan perubahan struktur organisasi maka di tahun 2011 nomenklatur kegiatan Jambore diubah menjadi "Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi". Selanjunya, di tahun 2018 namanya diubah menjadi "Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi" . Demikan untuk tahun 2019 pemberian penghargaan disebut dengan "Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi".

Sesuai dengan kebiajakan pemerintah dalam memberikan penghargaan,kegiatan apresiasi ini diarahkan untuk mewujudkan Revolusi Mental yang mencakup aspek integritas, etos kerja dan gotong-royong bagi GTK PAUD dan DIKMAS dalam pelaksanaan tugasnya. 




Jenis Lomba Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi terdiri dari:


  1. Diikuti oleh 17 (tujuh belas) kategori GTK PAUD dan DIKMAS, diantanyara adalah Guru Kelompok Belajar (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) serta Satuan Paud Sejenis (SPS) Perorangan Berprestasi;
  2. 4 Kategori Perorangan Berdedikasi;
  3. 1 Kategori Kelompok yaitu Senam Kreasi "Meraih Bintang" yang diikuti oleh finalis apresiasi periorangan.

Adapun Tujuan dari Petunjuk Teknis Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi:

  1. Menjadi rambu-rambu bagi tim juri dan pihak terakit dalam melaksanakan Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Beprestasi dan Berdedikasi Kategori Guru KB/TPA/SPS Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional;
  2. Meingkatkan kualitas penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi di Tingkat Kab/Kota, Prov, dan Nasional.

Ruang Lingkup:

Petunjuk Teknis (juknis) ini dipergunakan pada Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi untuk Kategori Guru KB/TPA/SPS dilaksanakan di tingkat Kab/Kota, Provinsi dan Nasional. 


Tema dan Topik:

Adapun tema dan topik dalam Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS ini adalah:


Tema : " Penguatan Karakter GTK PAUD dan DIKMAS Melalui Karya Nyata"


Topik : " Strategi pembelajaran KB/TPA/SPS dan implementasinya dalam menyiapkan peserta didik yang berkarakter"


Barangkali menjadi pertanyaan buat rekan semuanya, Apa yang dimaksud dengan Karya Nyata dan Strategi Pembelajaran?


Karya Nyata adalah hasil deskripsi pengalaman langsung Guru KB/TPA/SPS (bukan gagasan, bukan hasil penelitian, bukan skripsi, bukan tesis dan bukan disertasi) dalam pembelajaran yang inovatif dan memiliki kekhasan atau keunggulan tertentu. 

Strategi Pembelajaran adalah  hasil pengalaman langsung Guru KB/TPA/SPS yang dideskripsikan berupa karya nyata dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran dengan indikator: 1) efektivitas pencapaian tujuan, hasil dan dampak pembelajaran, 2) Pembelajaran proses pembelajaran yang aktif, partisipatif, inovatif, motivatif, 3) penguatan karakter guru yaitu religisitas, nasionalisme dan kemandirian.


Selanjutnya, masuk Persyaratan Peserta. Adapun Persyaratan Peserta Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS sebagai berikut:

1.  Berasal dari satuan pendidikan PAUD dan DIKMAS yang terdaftar dan memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau lembaga yang berwenang, kecuali peserta dari daerah khusus;

2. Peserta minimal berkualifikasi Sekolah Lanjutn Tingkat Atas (SLTA/Sederajat), dibuktikan dengan Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;

3. Memiliki pengalaman/masa kerja dan masih aktif minimal 2 (dua) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan  Surat Keterangan Aktif dan Pimpinan Lembaga / Unit Kerja bersangkutan bekerja;

4. Peserta Tingkat Nasional berasal dari Juara 1 Apresiasi Guru KB/TPA/SPS Berprestasi Tingkat Prov Tahun 2019, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (aatau sebutan lainnya);

5. Guru KB/TPA/SPS yang sudah menjadi Peringkat I, II dan III pada kegiatan Apresiasi atau sejenisnya tingkat Nasional, tidak boleh mengikuti kembali pada kategori sejensi maupun kategori lainnya;

6. Guru KB/TPA/SPS yang sudah pernah menjadi peserta Apresiasi dan sejenisnya Tingkat Nasional dalam 1 (satu) kategori lainnya;

7. Juara 1 tingkat Provinsi, dibuktikan dengan Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan Provinsi;

8. Mendapat tugas mengikuti apresiasi GTK PAUD DIKMAS Berprestasi Tingkat Nasional, dibuktikan dengan tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi;

9. Sehat jasmani dan rohani dan tidak dalam keadaan hamil, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Dokter (asli). Apabila peserta tetap berangkat mengikuti kegiatan maka panitia tidak bertanggung jawab bila terjadi kondisi yang tidak diinginkan;

10. Menyerahkan biodata peserta;

11. Meyerahkan pas foto diri terakhir berwarna ukuran 4x6 sebaanyak 1 lembar untuk ditempel apda lembar biodata, dan ukuran 3R sebanyak 1 lembar untuk lomba kelompok;

12.  Memiliki rekomendasi keaslian karya nyata, dibuktikan dengan Rekomendasi Pimpinan Unit Kerja atau Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;

13. Membawa perlengkapan lomba sesuai dengan kategori yang diikuti. 


Penulisan Naskah

Ketentuan Penulisan Naskah:

 1. Karya nyata berisi tulisan pengalaman nyata dalam mnerapkan strategi pemelajaran sesuai topik;

2. Naskah harus karya asli peserta, bukan jiplakan, belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi karya nyata apapun di tingkat nasional;

3. Naskah diketik dengan format ukuran A4 (Kuarto), spasi 1,5 dan menggunakan Font 12 Times New Roman;

4. Naskah diketik dengan format batas margin atas dan kiri berjarak 4 cm dan margin bawah dan kanan berjarak 3 cm;

5.  Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar;

6. Naskah dibuat dalam format PDF secara terpisah antara naskah utama (mulai sampul sampai dengan kesimpulan) dengan lampiran pendukung;

7. Naskah  untuk tingkat nasional dikirim melalui alamat email apresiasi@kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi Whatsaap (WA) nomor 081296475547 atas nama Subdit Kesharlidung;

8. Untuk peserta yang mengalami kendala jaringan internet dapat mengirimkan softcopy naskah dalam flashdisk ke alamat:
Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan DIKMAS
Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
u.p Subdit Kesharlindung, Gedung D Lantai 13
Jln. Pintu 1, Senayan, Jakarta 10270

9.  Pada pojok kanan atas sampul naskah ditulis kode dan pojok kiri atas ditulis nomor urut (Contoh Lampiran 9) dalam kotak dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 18 sesuai tabel dibawah ini:

Gambar. Kode Naskah Karya Nyata


Sistematika Penulisan Naskah

1. Halaman Sampul
2. Lembaran pernyataan keaslian karya nyata
3. Kata pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Tabel
6. Daftar Gambar
7. Daftar Lampiran

BAB I PENDAHULUAN (Maksimal 3 halaman) 

A. Latar Belakang
Berikut ini penjelasan mengenai Isi Latar Belakang:



 B. Tujuan
Berikut ini penjelasan mengenai isi Tujuan:

 C. Manfaat Hasil Karya

Berikut ini penjelasan mengenai isi Manfaat Hasil Karya:



 
 BAB II PEMBAHASAN (Maksimal 10 Halaman)

 A. Konsep Strategi Pembelajaran

Jelaskan konsep strategi pembelajaran yang mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter pada program KB/TPA/SPS yang dikembangkan secara runtut. Jumlah subbab disesuaikan kebutuhan.

B. Implementasi Strategi Pembelajaran

Jelaskan bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter dalam strategi pembelajaran pada satuan pendidikan tempat anda mengabdi sebagai guru. Jumlah judul subbab sesuai kebutuhan. 

C. Hasil yang dicapai

Deskripsikan hasil-hasil yang telah dicapai secara kualitatif dan kuantitatif. Aspek kualitatif disajikan dalam bentuk narasi. Aspek kuantitatif dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar, diagram dan atau lainnya, kemudian diiterpretasikan. 

D. Dampak implementasi strategi pembelajaran

Uraikan dampak yang ditimbulkan terkait dengan prestasi, sikap dan perilaku peserta didik program KB/TPA/SPS, serta transformasi nilai-nilai karakter terhadap budaya pada satuan pendidikan tempat anda mengabdi.

E. Kendala dan Solusi

Jelaskan kendala-kendala yang dihadapi selama implementasi strategi tersebut dan penyelesaian masalah yang telah dilakukan sehingga strategi pembelajaran yang mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter tersebut dapat bejalan dan sukses. 

F. Faktor Pendukung

Jelaskan dukungan dari internal satuan pendidikan (Sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan lain-lain) dan eksternal (masyarakat sekitar, pemerintah, organisasi mitra dan lain-lain) sehingga strategi tersebut dapat dilaksanakan. 

G. Rencana Pengembangan

Uraikan rencana pengembangan yang akan anda lakukan baik secara teknis mapun kebijakan.


BAB III PENUTUP (Maksimal 1 halaman)

 A. Kesimpulan

Rumuskan kesimpulan sesuai dengan pokok permasalahan dan hasil pembahasan dalam karya nyata. 

B. Rekomendasi

Saran atau rekomendasi harus mengacu pada kesimpulan dan hasil pembahasan yang dirumsukan secara spesifik, operasional, dan realistis untuk dilaksanakan. 


 Untuk informasi lebih lengkap, silahkan baca disini Juknis Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019:





 Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dit. PGTK PAUD dan DIKMAS, Ditjen GTK tentang Petunjuk Teknis Penilaian Guru KB/TPA/SPS.

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan,  semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter